Pemanfaatan Teknologi Masa Kini di Dunia Pendidikan Indonesia

Pemanfaatan teknologi masa kini di dunia pendidikan Indonesia. Bayangkan saja, seluruh Negara di dunia yang tugas-tugasnya memiliki sifat repetitive kemudian diambil oleh sebuah robot. Seluruh Negara di dunia yang pabrik mesin menciptakan inovasi mobil tanpa sopir. Dunia dengan sebuah alat yaitu drone yang bisa mengantar dan menjemput ke rumah. Hal ini hanya sebagian contoh kecil dari kemajuan teknologi di seluruh Negara-negara di dunia yang kian hari kian canggih dan modern.

Dunia pendidikan beberapa akhir ini tengah mempersiapkan anak didik bangsa untuk bekerja dalam sektor ekonomi yang akan musnah ketika anak-anak sudah lulus dari universitas. Untuk tenaga kerja di masa mendatang akan lebih di fokuskan pada manusia dan layanan kreatif. Dengan sistem operasinya melalui media digital. Karena ini adalah hal yang begitu mengkhawatirkan untuk dunia pendidikan Indonesia jika berporos ke kurikulum modern yang intinya lebih menekankan teknologi menggunakan sentuhan manusia. Perlu pemikiran dan rencana yang matang untuk menerapkan kurikulum ini.

Teknologi masa kini di dunia pendidikan biasa disebut education technology seringkali di abaikan jika dibandingkan dengan sektor-sektor lain. Hal ini tentu saja bisa terjadi karena mindset tentang pendidikan yang lebih mengutamakan pada kegiatan menghafal dan gagasan yang kurang jelas. Nilai tradisional akan tetap berada pada tempatnya, namun akan lebih baik juga menggunakan pendekatan secara pragmatis untuk dunia pendidikan. Hal ini juga dipertimbangkan sesuai fakta yang ada mengenai tanggung jawab utama lembaga pendidikan di Negara Indonesia yaitu  membantu siswa tumbuh  menjadi contributor yang baik guna bisa ditempatkan dalam masyarakat. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi lembaga pendidikan.

BACA JUGA : Mengupas Tuntas Tentang Teknologi Masa Kini

Sifat sentimentalitas bukan menjadi prioritas utama untuk mempersiapkan tenaga kerja yang kompetitif. Hal ini juga bukan berarti tenaga kerja digital di masa yang akan datang mempunyai perilaku seperti robot. Justru sebaliknya, tennaga kerja pasti akan melakukan hal-hal yang lebih manusiawi yang terkikis oleh teknologi. Suatu pekerjaan yang didalamnya sangat membutuhkan kreativitas, kolaborasi serta komunikasi manusia dan manusia tidak akan pernah bisa digantikan oleh rumus algoritma. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk melengkapi sekolah di Indonesia dengan kapasitas penuh guna mempersiapkan generasi bangsa yang berkualitas

Education Technology Sebagai Teknologi Masa Kini Pendidikan Indonesia

Ada empat kategori dalam edtech di Indonesia, diantaranya marketplace, platform kelas online, pinjaman siswa dan siste, manajemen sekolah. Salah satu marketplace yang mendapat rating tertinggi di dunia pendidikan yaitu ruangguru sebagai teknologi masa kini dala kategori marketplace les secara privat melalui online. Ruangguu mendapatkan lebih dari 6 juta siswa yang dimana siswa disana untuk mempelajari lebih dari 100 mata pelajaran. Dengan tutor yang kompeten didalamnya mebuat les privat online ini disukai banyak orang. Termasuk lagi cara mengajar di ruangguru juga memberikan kenyamanan tersendiri bagi siswa.

Baru-baru ini, lembaga pendidikan Indonesia tengah mencanangkan untuk mengahpus ujian nasional. Karena ujian nasional bukan merupaka suatu tolak ukur paling utama untuk kelulusan siswa. Selain itu banyak siswa yang mengeluh bagaimana beratnya ketika harus menghadapi ujian nasional. Ketika akan menghadapi ujian nasional, rata-rata mental siswa akan mengalami penuruna. Mental yang turun akan menyebakan siswa kurang berkonsentrasi dan fokus dalam mengerjakan soal ujian nasional.

Dari hal ini dapat terbukti bahwa untuk mengubah sistem pendidkan di Indonesia tidak hanya mengandalkan kebijakan saja. Perlu adanya perubahan di dunia pendidikan secara sistematis untuk skala nasional. Hal ini juga perlu dukungan dari para ahli dibidang pendidikan untuk ikut berpartisipasi dalam mengubah sistem pendidikan Indonesia mengikuti trend teknologi masa kini.